Selasa, 20 Mei 2008

Zamio Culcas

Dulu klo lewat depan rumah tetangga suka mopeng klo lihat tanaman ini. Akhirnya sekarang punya sendiri juga..

Zamio culcas mempunyai ciri khas daun yg tebel2 serta kelihatan hijau mengkilat. Dari sini aku nemuin cara utk memperbanyak zamio culcas.. Sepertinya perlu dicoba neh.. :D


Cara memperbanyak zamio culcas :
1.Stek Daun
Sediakan kantong plastik bening Pada dasar kantong isi dengan sekam,pakis,pasir dengan perbandingan 1/2:1:1 siram media yg sudah disiapkan tadi dengan air. Pilih daun-daun sehat dan sudah tua, lalu potong 3 cm di bawah pangkal daun. Setelah itu keringanginkan sebentar, lalu celupkan atau olesi tangkai daun dengan hormone Zat perangsang akar.

Tanam tangkai daun di dalam media, selubungi stek tersebut dengan plastic bening agar kelembaban tetap stabil dan bias mendapatkan cahaya kalau bisa untuk menumbuhkan akar lebih baik jangan memakai pupuk. Pupuk ini di gunakan saat stek daun itu sudah mengeluarkan akar. Setelah 2 bulan baru stek tadi bisa mengeluarkan umbi. Letakkan stek ditempat teduh.

2.Pemisahan Anakan
Pilih anakan yang sehat dengan panjang batang kurang dari 10 cm. Ambil pisau tajam, lalu pisahkan anakan Zamio dari induknya. Lalu tanamlah hasil pisahan anakan tadi ke media tanam yang sudah disiapkan. Media tanam berupa tanah subur,Kompos,pasir dengan perbandingan 1:1:1
Masukkan media tanam ke dalam pot pembibitan / Polibag. Setelah itu bibit anakan tadi di tanam, segera siram dengan sedikit air jagalah dari serangan hama penyakit. Apabila daun-daun Zamioculcas mulai segar ber5arti proses pertumbuhan bibit sedang berlangsung waktu sekitar 1-2 bulan setelah itu dapat dipindahkan ke dalam pot yang sudah disiapkan.

Tidak ada komentar: